Apa itu Gelar Teknik Kimia?

Teknik kimia berkaitan dengan penggunaan bahan baku. Insinyur kimia bekerja dengan zat-zat seperti minyak mentah atau hidrokarbon dan, menggunakan teknik canggih, mengubahnya menjadi banyak hal bermanfaat. Lulusan teknik kimia bekerja di berbagai sektor termasuk farmasi, transportasi dan desain produk.

Di bidang studi teknik kimia, siswa akan mempelajari teknik-teknik inovatif dalam perkembangan ilmu kimia dan cara menganalisis menggunakan model komputer. Siswa juga akan mempelajari perkembangan terbaru dalam nanoteknologi dan penelitian biokimia. Sebagian besar waktu belajar akan berbasis penelitian di laboratorium dan juga kerja praktek di lapangan.

Kurikulum Teknik Kimia

Tahun pertama kuliah, siswa akan mengkonsolidasikan pengetahuan dalam mekanika, kimia maju dan matematika terapan. Siswa juga akan belajar mata pelajaran utama dari biologi dan fisika, seperti: biologi sel, fisika untuk teknik dan fisiologi organisme.

Di tahun kedua, siswa akan lebih fokus dengan teknik kimia seperti mempelajari dinamika, mekanika fluida, perpindahan panas dan massa, termodinamika, dan bioteknologi. Dan di tahun akhir, siswa akan mendalami tentang keadaan gas dan cairan, teori reaktor kimia dan keberlanjutan. Siswa akan melakukan proyek desain di mana mereka merancang dan mensimulasikan proses rekayasa kimia sebagai bagian dari kelompok kecil, contoh topik termasuk meningkatkan efisiensi kilang minyak.

Peluang Karir Teknik Kimia

Setiap perusahaan yang terlibat dalam konversi besar-besaran bahan baku menjadi suatu produk akan membutuhkan insinyur atau tenaga ahli pengembangan bahan kimia. Lulusan teknik kimia dalam bekerja di perusahaan besar ekstraksi gas dan minyak, penyulingan minyak, nuklir dan pembangkit listrik lainnya dan perusahaan di bidang industri proses, termasuk farmasi, bahan kimia halus dan berat, serta agrokimia. Perusahaan makanan dan minuman, perusahan kertas, dan perusahaan perlengkapan alat mandi juga sering kali membutuh tenaga ahli di bidang teknik kimia untuk mengembangkan produknya.

Menurut survei yang dilakukan oleh Institution of Chemical Engineers (IChemE), gaji rata-rata untuk insinyur kimia di bawah 25 pada tahap awal karir mereka adalah sekitar £ 30.000, naik ke gaji rata-rata £ 54.000 untuk insinyur yang lebih berpengalaman, bahkan bisa mencapai sekitar £ 78.500 per tahun. Bekerja di industri tertentu, misalnya sektor keuangan, asuransi dan risiko, atau perminyakan dan gas dapat menarik gaji lebih tinggi.