Apa itu Gelar Marketing atau Pemasaran?

Gelar dalam Marketing atau Pemasaran mempelajari bagaimana cara menargetkan pasar dan berkomunikasi secara efektif dengan para konsumen. Studi di bidang ini akan memberikan pemahaman tentang metode dan teknik pemasaran. Siswa juga akan belajar tentang perilaku konsumen dan pola konsumsi, dan belajar bagaimana branding harus menonjol dalam industri perekonomian yang bergerak cepat. Peran tenaga pemasaran dalam pasar global akan semakin kompleks dan sering berubah mengikuti tren konsumen sehingga siswa dituntut untuk mampu berpikir kreatif dan inovatif.

Kurikulum Marketing

Di tahun awal kuliah, siswa akan membiasakan diri dengan hal-hal dasar dibidang pemasaran seperti perilaku pembeli, riset pasar, segmentasi pasar, dan tantangan kontemporer yang dihadapi penjual. Siswa juga akan mengeksplorasi bagaimana perkembangan teknologi digital dan media sosial mempengaruhi pelanggan dan mendorong inovasi dalam strategi pemasaran.

Lalu, pada tahun selanjutkan siswa akan belajar lebih dalam mengenai modul pemasaran seperti riset pasar yang efisien, manajemen merek dan periklanan. Peluang untuk berspesialisasi dalam bidang yang diminati juga akan tersedia melalui modul seperti pemasaran digital, pemasaran internasional, pemasaran olahraga dan hukum bisnis.

Di tahun akhir kuliah, siswa akan diminta mengembangkan merek sendiri, memasarkan ide dan mengevaluasi keberhasilannya. Dalam persiapan untuk karir masa depan, siswa juga akan mempelajari perencanaan dan manajemen pemasaran, e-marketing, strategi pemasaran global, pemasaran ritel dan analitik pemasaran.

Peluang Kerja di Bidang Marketing

Pemasaran digunakan di setiap perusahaan, setiap industri, sehingga potensi karir di bidang ini tidak terbatas. Mulai dari menjadi seorang riset pasar. Agar perusahaan dapat menangkap pasar, pertama-tama harus dapat memahami pasar itu sehingga diperlukan seseorang yang mampu melakukan penelitian atau riset yang melibatkan pemahaman mengenai konsumen, apa kebutuhan mereka, apa kebiasaan mereka saat melakukan transaksi, dan bagaimana mereka memandang diri mereka sendiri dalam hubungannya dengan bagian dunia lainnya.

Lalu, siswa juga bisa berkarir menjadi manajer pemasaran (marketing manager) yang bertanggung jawab untuk melanjutkan hasil penelitian dari tim riset pasar dalam mengembangkan strategi pemasaran. Manajer pemasaran memastikan bahwa promosi gambar dan video di media cetak ataupun digital dapat diterima dan dimengerti dengan baik oleh masyarakat umum. Mereka juga harus memikirkan strategi pemasaran seperti diskon, insentif, atau hadiah yang menarik sehingga para konsumen mau membeli produk yang dipasarkan.